Cara Mudah Pelihara Kucing di Rumah

Cara Mudah Pelihara Kucing di Rumah - Khusus Pemula

Kucing adalah salah satu jenis hewan yang dapat dijadikan teman dan peliharaan di rumah. Selain menjadi hewan peliharaan kucing juga dapat menajdi hiburan dengan tingkah konyol dan menggemaskan. Suara kucing yang lucu ketika minta makan atau ingin mengajak bermain menjadi hal yang sangat ditunggu, karena dapat membuat majikan tertawa atau bahkan iba. Salah satu manfaat yang bisa didapat dengan adanya hewan peliharaan di rumah adalah terjaganya kesehatan mental pemiliknya. 

Aplikasi Suara Kucing

Merawat kucing tentu sangat banyak sekali, terlebih jika kucing yang dipelihara termasuk kucing rumahan. Mulai dari menyediakan makanan, membersihkan pup, menjaga kesehatan kucing, merawat bulu, memberinya vitamin, mengajaknya bermain, membersihkan kandang, dan sebagainya. 

Bagi pencinta kucing tentu sudah terbiasa dalam merawat kucing, terlebih tidak hanya ada satu kucing saja, mungkin ada belasan kucing. Namun bagi pemula tentu merawat kucing butuh kesabaran dan seni. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pemula yang ingin memilihara kucing.

  • Makanan

Makanan kucing adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Artinya jika ingin kucing sehat haruslah diberi makanan yang berkualitas. Tentu makanan ini disesuaikan dengan usia kucing yang dipelihara. Makanan ini umumnya ada yang cocok dan tidak untuk kucing peliharaan, karena itu ada baiknya konsultasikan kepada dokter hewan agar kesehatan kucing tetap terjaga. 

Tidak hanya makanan basah atau seral, namun harus juga disediakan air bersih untuk minum si kucing. Pastikan air bersih selalu tersedia agar kucing tidak kehausan. Jika kucing peliharaan mengalami diare, muntah, atau lesu selama lebih dari dua hari, segera bawa kucing ke dokter hewan agar bisa ditangani dengan tepat.

  • Perawatan Kucing

Perawatan kucing ini banyak bentuknya, seperti memandikan kucing, menyisir bulu kucing, memotong kuku, memerika bagian telinga kucing, memberikan vitamin, vaksin, dan obat jamur serta kutu. 

Memandikan kucing tentu bukan hal yang mudah, jika kucing sudah terbiasa dimandikan dia akan nurut. Namun jika tidak terbiasa kucing akan berontak, dan bisa mencakar meskipun yang memandikan adalah majikannya sendiri. Pilihan terbaik adalah dengan memandikannya di petshop, namun jika ingin mencobanya sendiri tentu itu lebih baik. Untuk kebersihan kucing sebaiknya dimandikan seminggu sekali atauminimal sebulan sekali.   

  • Kandang
Saat memutuskan untuk memelihara kucing, terlebih kucing ras maka kandang kucing adalah hal pertama yang harus disiapkan. Kandang kucing ini adalah rumah dan tempat istirahat bagi anabul, buat meraka senyaman mungkin di kandang dengan menambahkan kain atau selimut untuk tidur mereka. 

Kandang ini juga berfungsi untuk melindungi kucing peliharaan keluar dari rumah atau ketika kurang akur dengan teman bermainnya. Jangan lupa juga untuk rutin membersikan kandang kucing, hal ini untuk menghindari jamur dan kutu.   

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Pelihara Kucing di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel