Apa itu Godev (Google Developer Console)?

Apa itu Godev?

Pengguna android tentu sudah tidak asing dengan Play Store, kumpulan berbagai aplikasi atau game mobile yang dapat dijalankan melalui smartphone.

Agar sebuah aplikasi dapat masuk atau tayang di play store maka dibutuhkan sebuah perangkat atau situs untuk mempublish sebuah aplikasi tersebut. Nah bagi yang ingin mempublish aplikasi atau game mobile ke play store (toko aplikasi milik Google) maka membutuhkan akun Google Developer Console.

Source Google

Secara sederhana Google Developer Console atau sering disingkat dengan Godev ini merupakan situs yang memungkinkan seseorang untuk mempublish aplikasi ke Play Store. Agar dapat mengakses situs godev maka seseorang haruslah memiliki akun godev terlebih dahulu. Cara mendaftar sebuah akun godev sebenarnya sama halnya dengan mendaftar email biasa, perbedaanya untuk godev ini berbayar. Untuk sebuah akun godev Anda harus membayar sebesar $25 atau sekitar Rp. 350.000 dengan masa aktif selamanya tanpa ada batasan upload aplikasi ke playstore. Berbeda dengan IOS Appstore yang harus membayar setiap setahun sekali.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilalui untuk membuat akun Godev:

  • Menyiapkan gmail atau gunakan akun gmail yang sudah ada
  • Masuk ke https://play.google.com/apps/publish
  • Isi data yang diperlukan
  • Melakukan pembayaran dengan kartu kredit atau alternatif lain
  • Pembayaran diterima, saatnya verifikasi identitas dengan mengupload KTP ataupun SIM
  • Akun siap digunakan untuk mempublikasian aplikasi 

Bagi yang memiliki kartu kredit tentu tidak menjadi masalah, namun bagaimana jika tidak memiliki kartu kredit? Ada beberapa alternatif yang dapat dilakukan untuk pembayaran akun godev. 

  • Menggunakan VCN 
VCN merupakan Virtual Credit Card. Fungsi VCN dapat menggantikan kartu kredit, bedanya VCN tidak memiliki kartu fisik dan digenerate hanya saat kita membutuhkan. VCN dapat digunakan untuk segala hal yang membutuhkan kartu kredit sebagai metode pembayaran seperti belanja online baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dan tentu saja dapat digunakan sebagai pembayaran akun Google Play Developer Console. Ada 4 bank dalam negeri yang menyediakan VCN ; Bank CIMB Niaga, Bank BNI, Bank Mandiri, dan Bank BCA. 
Contoh VCN BNI / Source Google

  • Menggunakan Jenius BTPN

BTPN mengeluarkan produk yang menurut saya paling bagus dibandingkan bank lain yaitu Jenius. Jenius debit online, dan ketika membuka rekening di Jenius akan langsung dapat digunakan untuk bertransaksi online. Dengan jenius debit online juga dapat digunakan sebagai pembayaran akun godev.

Source Google

Perlu diketahui bahwa satu orang (satu identitas) hanya bisa mendaftar satu akun godev dan hanya ada satu kesempatan. Artinya jika ingin terjun ke dunia publisher android maka harus berhati-hati. Karena jika akun godev pernah mengalami banned maka selamanya tidak diperbolehkan mendaftar akun godev lagi, itu menurut google. 

Jadi intinya jika sudah memiliki akun godev maka amankanlah akun Anda. Jangan mempublikasikan aplikasi yang melanggar peraturan google, Dan jika reskiner apk maka wajib melakukan reskin data dan penghapusan data cache agar tidak berdampak banned godev.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Godev (Google Developer Console)?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel