Fadhilah dan Keutamaan Wirid Surat Yasin

Wirid Surah Yasin untuk Membuka Pintu Rezeki 

Surat yasin merupakan surat ke-36 dalam Alquran dan terdiri dari 83 ayat. Surat ini diturunkan di kota Mekkah, disebut sebagai surat Makkiyah. Kandungan surat yasin cukup luas, meliputi pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan Allah ta’ala, peringatan kematian, hari akhir, serta kisah perjuangan para syuhada.

Wirid Surat Yasin 1 kali, 3 kali, 7 kali, dan 41 Kali 

Wirid merupakan amalan sholeh yang disunahkan oleh Rasulullah SAW. Wirid memiliki tujuan yang sama dengan zikir yang mana hal ini dilakukan untuk mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Perbedaan antara keduanya terletak pada segi ketentuan penyebutan dan pengucapan.

Jika surat Yasin dibaca di tengah malam sebanyak 1,3,7 kali atau 35 kali secara rutin, maka khasiatnya dapat memperluas rezeki dan memperlancar datangnya rezeki. Begitu juga jika dibaca 41 kali sekali duduk, maka hajatnya dikabulkan oleh Allah SWT. (dengan izin Allah).

Manfaat Membaca Surat Yasin 3x

Pada malam Nifsyu Sya’ban kita dianjurkan memperbanyak doa, sebab doa malam tersebut mustajab. Salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada malam Nifsu Sya’ban adalah membaca surat Yasin sebanyak 3 kali. Dilakukan setelah maghrib sampai menjelang isya’ dengan niat sebagai berikut:

  • Bacaan pertama diniatkan untuk memohon umur panjang dalam ketaatan dan kekuatan iman.
  • Memohon dipelihara dari berbagai macam musibah.
  • Memohon kekayaan hati kepada Allah dan di golongkan dengan orang yang Khusnul Khotimah.

Syaikh Ahmad Ad-Dairobiy dalam bukunya Fathul Malikul Majid halaman 19 dijelaskan bahwa: "Di antara kelebiahn Surat Yasin adalah membacanya pada malam Nifsu Sya’ban 3 kali. Yang pertama dengan  maksud meminta umur panjang, yang kedua niat agar terhindar dari bencana dan 3 niat untuk tidak bergantung pada orang lain."

Manfaat Membaca Surat Yasin 7x

Dalam buku yang berjudul Sa’adatud Darain dan yang dikutip dari Kitab Minhajul Hanif dijelaskan bahwa ada faedah besar yang meluluskan berbagai niat dengan surat Yasin. Caranya adalah dengan membaca Surat Yasin sebanyak 7 kali setelah Salat Subuh. Dalam mengamalkan hal ini tentu ada aturan yang perlu diketahui, seperti:

  • Dengan membaca lafadh 

يس

dibaca 7 kali.

  • Jika sampai ayat 

ذالك تقدير العزيز العليم

dibaca 14 kali.

  • Kalau sampai 

سلم قولا من رب رحيم

dibaca 7 kali.

  • Dan ayat 

أوليس الذي خلق السموت واﻷرض بقدر على أن يخلق مثلهم قلى بلى وهو الخلق العليم

dibaca 12 kali.

Setelah selesai lalu membaca surat Al Fatihah satu kali dan Basmalah satu kali serta sholawat kepada Nabi Muhammad saw. Kemudian memohon kepada Allah Ta’ala apa yang diinginkan. Insya Allah hajatnya cepat dikabulkan asal bukan untuk tujuan membahayakan orang lain.

Manfaat Membaca Surat Yasin 41 Kali

Kebiasaan membaca surat yasin adalah sebuah aktifitas yang sangat baik. Selain karena yang dibaca itu adalah surah Al-Quran yang tentu saja akan berbuah pahala bagi yang bersedia membaca dan mengamalkanya. 

Karena itu tidak ada alasan untuk tidak membaca Alquran sangat mulia dan penuh berkah ini. Ada juga yang menyatakan jika ingin manjadi kaya mendadak atau memiliki hajat yang sangat mendesak, maka bacalah surat yasin 41 kali, tanpa berpindah tempat dan tanpa berbicara di antaranya sebelum mencapai 41 kali, Insya Allah akan menemukan keajaiban setelahnya.

Berikut ini tata cara membaca surat Yasin 41 kali :

  • Membaca Basmalah
  • Kemudian surat Al-Fatihah
  • Bertawasul kepada Nabi Muhammad saw.
  • Selanjutnya sholawat 11 kali
  • Membaca surat yasin 41 kali
  • Ditutup dengan Al-Fatihah
  • Terakhir berdo’a atas hajat yang diinginkan

Itulah rahasia manfaat membaca surat yasin 41 Kali, semoga dengan mengetahui manfaatnya kita semakin semangat membaca Surat Yasin. Amin.

Yang utama dalam membaca surat Yasin adalah niat kita hanya untuk beribadah kepada Allah. Dan tidak hanya surat Yasin saja hampir semua surat pada Alquran baik serta dianjurkan untuk dibaca dan amalkan makna yang terkandung di dalamnya. Semoga kita menjadi ahli Qur’an dan mendapat syafaatnya di akhirat kelak.

Belum ada Komentar untuk "Fadhilah dan Keutamaan Wirid Surat Yasin "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel