Perbedaan Link Nofollow dan Dofollow dalam SEO

Link Nofollow dan Dofollow dalam SEO - Khusus Pemula

Backlink merupakan salah satu komponen penting dalam strategi SEO sebuah website. Link secara harfiah berarti tautan. Sederhanya link atau tautan ini dapat mengarahkan pengguna internet ke sebuah objek, bisa berupa teks postingan, gambar, video, sebuah aplikasi dan sebagainya. Dengan sebuah link seseorang dapat berpergian dari satu website ke sebuah website lain. 

Link ini juga berfungsi untuk membantu mesin telusur bekerja bekerja dengan baik. Sehingga robot mesin pencari dapat mengikuti link yang telah dibuat untuk menemukan sebuah halaman atau situs di internet. Atau sering dikenal dengan istilah crawling. Sedangkan backlink sendiri adalah hyperlink yang mengarah ke sebuah website. Sederhanya backlink adalah tautan / refrensi / rekomendasi dari website lain ke website kita. 

Backlink ini dapatdimanfaakan sebagai rukujan untuk mempermudah seseorang menemukan halaman website kita, atau juga untuk keperluan strategi SEO. Backlink menjadi salah satu faktor penentu seberapa penting halaman sebuah website dapat berada di halaman pertama pencarian. Semakin bagus sebuah backlink tentu semakin bagus juga untuk posisi website tersebut di halam pencarian. (backlink bukan satu-satunya faktor penentu).

Backlink sendiri terdiri dari dua atribut, yaitu backlink dofollow/follow dan backlink nofollow. Meskipun sama-sama backlink, namun kedua atribut tersebut memiliki perbedaan. 

Backlink Dofollow / Follow

Link follow merujuk pada sebuah backlink atau tautan yang mengijinkan robot mesin telusur untuk mengindeks tautan yang telah diberikan. Sederhananya, kita memberikan refrensi bahwa sebuah website tertentu layak untuk diketahui orang lain dan memiliki kualitas. Dengan link dofollow ini dapat memberikan dorongan authority atau otoritas pada situs Anda. 

Karena robot crawler diijinkan untuk mengindeks dan menelusuri tautan hingga keluar, maka link dofollow/follow ini berperan penting dalam meningkatkan rangking website. Terutama jika memperoleh tautan dofollow dari situ-situs besar dengan nilai authority yang tinggi. Namun hal yang perlu dicatat adalah bahwa keseimbangan antara link dofollow dan nofollow sangatlah penting. Terlebih jika mendapatkan banyak backlink dofollow dalam jumlah yang banyak dari situ-situs spam, maka akan sangat berbahaya untuk website Anda. 

Backlink Nofollow

Link nofollow adalah kebalikan dari link dofollow. Karena link dengan atribut nofollow ini tidak mengizinkan robot crawler untuk mengindeks atau merayapi tautan yang diberikan. Artinya sebuah link dengan antribut nofollow ini mencegak tautan tersebut mendapatkan otoritas dari website pemiliknya. 

Meskipun bukan backlink powerfull untuk menaikkan rangking website, tetapi link jenis ini dapat menjadi diversivikasi link untuk website Anda. Sehingga link atau tautan yang dibuat dapat memudahkan pengguna untuk menemukan situs Anda.

Keseimbangan dari backlink dofollow dan nofollow dalam sebuah website sangatlah penting. Artinya kedua atribut link tersebut memiliki peran dan porsinya masing-masing.  Sebuah website yang sehat umumnya memiliki jumlah link dofollow yang lebih banyak daripada nofollow. Namun hal ini bukanlah satu-satunya patokan penilaian utama dari mesin telusur agar sebuah website masuk dalam halaman pertama pencarian. 

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Link Nofollow dan Dofollow dalam SEO"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel