10 Gunung Terpendek di Indonesia Cocok untuk Pendaki Pemula

10 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula


Mendaki gunung merupakan salah satu hobi yang tidak pernah sepi peminat. Para pecinta alam tentu pernah menaklukan berbagai gunung atau setidaknya minimal satu gunung sekali dalam hidupnya. Kegiatan alam ini bukan hanya hobi biasa, namun juga memilki banyak filosofi dan seni yang hanya bisa dirasakan oleh mereka yang mendaki. 

Tentu ada alasan tersendiri bagi setiap pendaki untuk sampai ke puncak gunung, seperti ketenangan, kebanggan, kepuasan, mendapatkan moment sunrise dan sunset, serta masih banyak alasan lainnya. Dengan mendaki seseorang juga dapat mengerti betapa pentingnya arti solidaritas, betapa Agungnya sang Maha Pencipta, dan juga menghargai hal-hal kecil yang sering dilupakan. 

Mendaki gunung tentu tidak sembarangan, karena ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum mendaki. Baik itu cuaca, pebekalan, pengalaman, peralatan, waktu tempuh, juga kondisi fisik pendaki tersebut. Untuk Anda yang belum pernah mendaki sama sekali dan minim pengalaman, ada baiknya untuk mencoba mendaki gunung dengan ketinggian yang tidak ekstrim. Berikut ini beberapa gunung terpendek di Indonesia yang bisa Anda jadikan refrensi pendakian pertama Anda. 
  • Gunung Nglanggeran, Yogyakarta, 700 Mdpl
Gunung Api Purba Nglanggeran ini memiliki tinggi puncak yang hanya sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Puncaknya bisa dijangkau dalam waktu kira-kira dua jam saja. Anda juga mendapatkan moment sunrise atau sunset dan juga camping di puncak gunung ini.
  • Puncak Gunung Besek, Wonogiri, 850 Mdpl
Gunung Besek di Kabupaten Wonogiri ini memiliki tinggi puncak 850 mdpl saja. Anda bisa melihat pemandangan perbukitan yang indah dengan jarak tempuh ke puncah hanya sekitar 10 menit saja. 
  • Gunung Batu Jonggol, Bogor, 875 Mdpl
Gunung Batu Jonggol, Bogor ini memiliki tinggi 875 meter di atas permukaan laut. Tidak kalah dengan gunung yang lain, Gunung batu Jonggol juga menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan. Jalan tempuh yang mudah, namun Anda harus tetap berhati-hatiterlebih  jika musim hujan tiba.
  • Gunung Mahawu, Sulawesi Utara, 1.324 Mdpl
Gunung Mahawu yang terletak di Sulawei Selatan ini memiliki tinggi puncak 1.324 meter di atas permukaan laut. Tidak butuh waktu lama untuk bisa sampai ke puncak. Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam saja, Anda sudah bisa menikmati pemandangan yang luar biasa indah, dan mendapatkan pengalaman mendaki yang snagat berkesan. 
  • Gunung Pulosari, Banten, 1346 Mdpl
Gunung Pulosari yang terletak di daerah Banten ini memiliki tinggi puncak 1.346 meter di atas permukaan laut (4.416 kaki). Dan termasuk gunung berapi aktif. Tidak kalah dengan gunung yang lain, saat mendaki gunung Pulosari ini Anda juga akan disuguhkan dengan Curug Putri Pulosari yang sangat menawan.  
  • Gunung Penanggungan, 1.653 Mdpl
Gunung Penanggugan yang terletak di perbatasan kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan ini memiliki tinggi puncak 1.653 meter di atas permukaan laut. Gunung Penanggunan ini juga dikenal sebagai gunung Pawitra atau puncak Pawitra. Ada dua rute pendakian yang dapat Anda pilih, namun untuk jalur yang tidak terlalu terjal bisa menggunakan rute Tamiajeng.

  • Gunung Batur, Bali, 1.717 Mdpl
Gunung Batur yang terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali ini memiliki tinggi 1.717 mdpl. Termasuk gunung berapi aktif, dan merupakan tujuan wisata mendaki populer di Bali. Untuk sampai ke puncak Anda membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam. Gunung Batur menyajikan pemandangan matahari terbit yang sangat mempesona dan menjadi tempat pendakian atau trekking yang paling ideal.

  • Gunung Andong, Magelang, 1.726 Mdpl
Gunung Andong yang terletak di Kabupaten Magelang ini memiliki tinggi 1.726 meter di atas permukaan laut.  Untuk sampai ke puncak Anda membutuhkan waktu kurang lebih dua jam saja dengan medan yang ringan untuk didaki. Di puncak Anda dapat menikmati sunrise, samudra awan di puncak makam, dan pemandangan indah lainnya. 
  • Kawah Gunung Kelud, Jawa Timur, 1.731 Mdpl
Kawah Gunung Kelut yang terletak di Jawa Timur ini memiliki tinggi 1.731 meter di atas permukaan laut. Gunung ini menjadi tujuan favorit pada pendaki, karena untuk mencapai kawah gunung Kelud tidaklah sulit, bahkan Anda bisa mengikuti rute dari google map.

  • Gunung Kerenceng, Sumedang, 1.736 Mdpl
Gunung Kerenceng yang terletak di Sumedang, Jawa Barat ini memiliki tinggi 1.736 meter di atas permukaan laut. Anda butuh waktu sekitar 4 hingga 5 jam pendakian untuk sampai ke puncak gunung dengan jalur yang tidak terlalu sulit. 


Belum ada Komentar untuk "10 Gunung Terpendek di Indonesia Cocok untuk Pendaki Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel