Mengenal Channa, Ikan Gabus Eksotis

 Tren Channa, Ikan Gabus Eksotis yang Kian Digemari

Bagi penghobi ikan hias predator, ikan channa atau snakehead alias ikan gabus adalah salah satu primadonanya. Snakehead adalah anggota keluarga ikan tawar Channidae yang merupakan hewan asli benua Afrika dan Asia. 

Source Google

Di Indonesia khususnya ikan gabus dibagi menjadi dua kelompok, yaitu jenis ikan gabus kecil dan ikan gabus besar. Gabus besar mampu tumbuh lebih dari 1 meter, sedangkan gabus kecil (dwarf) adalah jenis gabus yang tumbuh maksimal ukuran 15 cm. 

Peminat ikan ini semakin berkembang di Indonesia, bahkan di banyak kota terdapat komunitasnya. Bukan tanpa alasan, karena ikan channa ini memiliki penampilan dan corak yang indah, serta perangai dan karakteristik yang unik. 

channa fish wallpapers

Cara perawatan ikan gabus hias ini terbilang cukup mudah dan tidak seribet ikan hias air tawar lainnya. Pasalnya, ikan gabus bisa hidup di air dengan kadar oksigen yang minim. Hal ini yang juga menjadi salah satu daya tarik gabus hias yang eksotis bagi penghobi. 

Ada banyak jenis ikan channa yang dijadikan sebagai favorit aquarist, seperti yellow sentarumred sampitchanna asiatica, dan strip merah. Selain itu, ada juga ikan channa yang diimpor dari luar negeri seperti stewarti kalikhola, andrao, auranti, dan bleheriChanna impor pada umumnya memiliki motif serta warna yang berbeda. Pola atau motif yang dimiliki cenderung lebih cerah jika dibandingkan dengan channa lokal. Namun untuk channa impor ada beberapa yang dilarang.

Berikut beberapa jenis ikan channa yang populer.

  • Channa Yellow Sentarum
Source Google

Yellow Sentarum atau biasa disebut Maru YS ini berasal dari Kalimantan tepatnya di daerah Danau Sentarum. Ikan ini memiliki warna hitam dan divariasi dengan warna kuning pekat yang sangat cantik. Tidak hanya itu saja, ikan ini juga memiliki mata yang berwarna merah, yang membuatnya menjadi garang.

Sebenarnya Channa Yellow Sentarum, Red Sampit, Borneo dan Red Sentarum adalah sama sama satu jenis dari Channa Maruliodes. Yang membedakan hanyalah asal atau lokalitas ikan channa tersebut.

  • Channa Red Sampit
Source Google

Red Sampit memiliki warna yang khas dan corak yang unik. Pada saat dewasa Channa Red Sampit memiliki warna tubuh orange kemerah-merahan. Selain itu, Red Sampit juga memiliki corak garis tebal warna hitam serta adanya motif bunga di bagian tubuhnya. Channa Red Sampit banyak tersebar di pulau Sumatera dan Kalimantan, khususnya di sungai yang berarus lambat.

  • Ikan Channa Asiatica

Source Google

Channa Asiatica atau Small Snakehead memiliki corak bintik-bintik yang sangat indah dan menjadi daya tarik tersendiri. Jenis ikan gabus dari China ini dibagi menjadi 2, yaitu Channa Asiatica White Spot dan Channa Asiatica Red Spot

Warna dasar Channa Asiatica, yaitu hitam kecoklatan dan memiliki warna tambahan berupa corak bintik-bintik seperti mutiara. Perbedaan Channa Asiatica White Spot lebih menampakan bintik-bintik berwarna putih seperti mutiara, sedangkan Channa Asiatica Red Spot memperlihatkan bintik-bintik dan strip berwarna merah.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Channa, Ikan Gabus Eksotis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel