Ide Kemasan Produk Ramah Lingkungan

5 Ide Kemasan Ramah Lingkungan yang Kekinian dan Estetik

Permasalahan lingkungan khususnya di Indonesia tentu menjadi perhatian khusus. Banyak program dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi atau setidaknya mengurangi permasalahan lingkungan ini.

Salah satunya dengan maraknya kampanye diet plastik, bahkan kini sudah mulai dibatasi penggunaannya. Sehingga, kemasan ramah lingkungan menjadi salah satu solusi terbaik, terutama bagi para pelaku usaha.

Source Google

Kemasan ramah lingkungan ini ternyata dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk suatu produk. Terlebih dengan desain dan model yang unik menjadikan kemasan ramah lingkungan ini banyak diburu, meskipun dari segi harga tentu sedikit mahal. Bahkan kemasan ramah lingkungan ini kini menjadi tren karena menarik dan estetik yang diklaim mampu menaikkan penjualan. 

Kemasan ramah lingkungan atau eco-friendly merupakan kemasan yang menggunakan bahan baku yang mudah diurai, bisa didaur ulang, serta tidak berbahaya bagi lingkungan maupun manusia. Sederhanya kurang lebih seperti berikut.

  • Tidak (atau sedikit) berdampak buruk bagi lingkungan.
  • Terbuat dari bahan yang mudah diurai secara alami.
  • Aman untuk manusia dan lingkungan.

Ide Kemasan Ramah Lingkungan

Ada banyak jenis kemasan yang diproduksi menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Di antaranya sebagai berikut.

1. Kemasan Berbahan Polypropylene

Source Google

Polypropylene ini merupakan plastik yang bisa digunakan untuk mengemas bahan makanan. Bahannya yang tahan panas dan tidak mudah rusak membuat plastik ini bisa digunakan berkali-kali. Ciri plastik PP ini biasanya berwarna bening atau transparan, tidak elastis, dan tidak berbau. 

2. Kardus Kemasan

Source Google

Kardus merupakan salah satu kemasan ramah lingkungan yang sedang menjadi tren saat ini. Kardus ini diproduksi dari pulp, baik itu pulp organik, sintetis atau sisa produksi kertas (daur ulang). Kardus merupakan kemasan transport atau kemasan distribusi yang paling umum digunakan saat ini. Selain lebih aman, kemasan produk dari kardus juga terlihat lebih natural dan estetik. Bahkan, kardus juga mudah didaur ulang, mudah terurai, dan dapat dikreasikan menjadi barang-barang yang lebih berguna. 

3. Kemasan Kertas Coklat

Source Google

Kertas coklat ini menjadi salah satu kemasan yang digadang-gadang mampu menggantikan kantong plstik. Dengan model yang lebih bervariasi serta dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis usaha menjadikannya diburu banyak pelaku usaha. Kemasan kertas coklat ini banyak digunakan untuk kemasan roti, tas belanja, paper bag, untuk produk fashion, produk makanan cepat saji, seperti McD, KFC, dan sebagainya. 

4. Kemasan Biofoam

Source Google

Biofoam merupakan kemasan alternatif pengganti styrofoam yang terbuat dari bahan baku alami, yaitu pati dengan tambahan serat untuk memperkuat strukturnya. Produk ini tidak hanya bersifat biodegradable tetapi juga renewable. Biodegradable berarti bahwa produk ini dapat terurai dengan sendirinya secara alami karena sifatnya yang terbuat dari limbah tumbuhan dan renewable yang berarti energi terbarukan yang ramah lingkungan. Untuk saat ini, tingkat ketahanan terhadap air masih rendah dibandingkan styrofoam sehingga baru bisa digunakan untuk mengemas produk dengan kadar air yang rendah.

5. Kemasan Berbahan Tumbuhan

Source Google

Kemasan dari bahan tumbuhan ini bisa dibuat dari berbagai macam jenis tumbuhan, seperti daun pandan, daun kelapa, bambu, rotan, agel, dan sebagainya. Kemasan dari bahan ini umumnya dianyam dengan bentuk atau model tertentu. Sebenarnya kemasan atau bungkus dari bahan ini sudah ada sejak jaman dahulu kala, karena bahan yang digunakan adalah bahan yang tersebar di sekitar dan tidak perlu proses kimia yang panjang. Contohnya adalah kerajinan besek. Besek adalah tempat yang berbentuk segi empat atau bulat dari anyaman bambu.

Itulah beberapa alternatif ide kemasan produk yang ramah lingkungan dan layak untuk Anda coba. Selain lebih menarik dan estetik, penggunaan kemasan ramah lingkungan ini juga dapat menaikkan nilai jual produk. 

Belum ada Komentar untuk "Ide Kemasan Produk Ramah Lingkungan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel