Belajar 10 Cara Optimasi SEO on Page

Apa itu SEO on Page?

SEO on page atau juga dikenal sebagai on-site SEO adalah praktik optimasi SEO (search engine optimization) yang dilakukan pada konten yang diterbitkan. Langkah optimasi on page SEO fokus pada faktor-faktor yang ada dalam konten. Secara sederhana, SEO on page dapat diartikan sebagai langkah optimasi meningkatkan kualitas konten agar mudah dibaca dan dipahami pembaca website atau blog. 

Optimasi SEO on Page

Tidak hanya itu, sebuah website atau konten yang dioptimasi dengan baik secara on page juga akan memudahkan mesin pencari untuk memahami konteks konten dan relevansi website dengan kata kunci yang dicari. 

Dengan SEO baik off page maupun on page ini kita bisa memperoleh banyak sekali manfaat. Misalnya, bisa mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke website atau blog yang kita kelola secara organik.

Tanpa adanya SEO maka sebuah tulisan atau konten belum tentu muncul di search engine, baik itu google. yahoo, yandex, dan sebagainya. Atau jika tulisan atau konten tersebut terindeks oleh mesin pencari belum tentu juga ia berada pada posisi yang bagus apa lagi masuk ke halam pertama pencarian. 

Dari sinilah kita perlu untuk meningkatkan SEO khususnya SEO On Page. Bagaimana mengoptimasi konten atau sebuah website dengan SEO One Page? Sebelum menjawab pertanyaan ini ada baiknya kita perlu mengetahui cara belajar SEO untuk pemula.

Cara Belajar SEO untuk Pemula

Search Engine menurut Wikipedia adalah sebuah program komputer tertentu yang khusus difungsikan untuk membantu pengguna dalam mencari berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan World Wide Web atau news group pada sejumlah jaringan komputer server.

Hasil dari halaman pencarian ini kemudian biasa disebut sebagai Search Engine Result Page atau SERP. Posisi dari website yang tampil di halaman SERP sifatnya sangat dinamis, ini guna menjaga tingkat relevansi dari konten. Apa kaitanya dengan SEO?

SEO adalah kependekan dari “search engine optimization.” Teknik ini merupakan upaya mengoptimasi website atau konten agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian mesin telusur, baik itu Google, Bing,  Amazon, dan sebagainya. 

Namun yang paling umum adalah SEO Google. Pertanyaannya, dari sekian banyak mesin pencari (Yahoo!, Bing, Amazon, dll), kenapa sih harus mengutamakan SEO Google? Jawabannya sederhana: Google adalah search engine favorit bagi mayoritas pengguna internet.

Berikut ini bebrapa hal yang harus diketahui tentang belajar SEO bagi pemula, agar termotifasi untuk meningkatkan kinerja website lebih baik, terindek atau terbaca dengan mudah, dan mendapatkan posisi yang baik pada hasil pencarian (SERP).

1. Pahami Cara Kerja SEO

Untuk mengetahui cara kerja SEO kita harus tahu SEO itu sendiri, fungsi SEO, tujuan SEO, dan dampak menggunakan SEO. Dengan dasar pertanyaan tersebut setidaknya kita akan mulai paham bagaimana cara kerja SEO.

2. Pahami Pentingnya SEO bagi sebuah Konten atau Website

Langkah yang kedua adalah memahami pentingnya SEO itu sendiri. Dengan mengetahui pentingnya SEO maka akan memotifasi kita untuk terus belajar tentang SEO lebih dalam agar kita lebih mudah dalam mengoptimasi performa website kita.

Perlu anda garis bawahi, penerapan SEO dapat berubah sewaktu-waktu. Bisa jadi teknik yang sudah kita pelajari sebelumnya akan menjadi boomerang bagi kita di masa yang akan datang karena diganti dengan pengaturan yang baru atau algoritma yang baru. Oleh karena itu dengan memahami pentingnya SEO, setidaknya akan memacu kita untuk terus mengupdate informasi. 

3. Mencari Informasi Terbaru dan Terupdate

Mencari informasi yang relevan dan terupdate itu sangat perlu sekali. Kita bisa mencari informasi tersebut di mesin pencarian google, bing ataupun yahoo dan juga bisa bertanya langsung kepada pakar, forum, teman bloger, dan lain-lain yang berkaitan dengan informasi yang dibutuhkan. 

4. Jangan Malu Untuk Bertanya

Untuk menambah pengetahuan, bertanya adalah sebagai salah satu solusi. Oleh karena itu janganlah malu untuk bertanya. Dengan bertanya dari apa yang kita tidak tahu dan belum kita pahami, maka sejatinya kita akan mendapatkan informasi tambahan dari apa yang kita butuhkan. Bertanya bisa melalui forum, komentar, dan sebagainya.

5. Berorientasi Pada Proses Bukan Hasil

Hasil adalah poin yang penting dalam sebuah SEO, karena tanpa hasil kita tidak bisa merumuskan atau mengetahui apakah teknik yang kita gunakan sudah tepat atau belum. Namun yang harus di garis bawahi adalah "proses". Tidak ada sesuatu yang instan, meskipun ada itu tidak akan bertahan lama. Jadi ketika kita ingin belajar SEO maka kita harus melalui prosesnya, step by step. Dengan begitu kita akan mendapatkan hasil yang maksimal tanpa kita sadari.

Setidaknya kelima hal itulah yang perlu kita lakukan saat belajar SEO. Jika sudah maka untuk optimasi SEO on Page akan menjadi mudah. Bagaimana cara meningkatkan SEO On Page?, berikut ini 10 cara optimasi SEO on Page



10 Cara Untuk Meningkatkan SEO One Page

Sebenarnya ada banyak cara untuk optimasi SEO on Page ini, namun setidaknya  ada 10 hal dasar untuk meningkatkan SEO on Page.

Pertama, Buatlah URL menjadi singkat.

Cobalah untuk mempersingkat URL sebelum mempublish artikel agar tidak sepanjang judul konten aslinya. Untuk blogger anda bisa mensettingnya di bagian link - pilih tautan permanen khusus.

Kedua, Kaitkan Keyword pada URL.

Usahakan setiap postingan sebuah artikel, kaitkalah keyword pada URL. Misalnya  akan membuat sebuah artikel dengan judul "10 cara meningkatkan SEO on Page" maka url juga harus mencantumkan keyword penting yang kemungkinan besar dicari oleh punjung seperti "SEO on Page". 

Untuk pengguna wordpress kita bisa menggunakan plugin yoast seo atau juga all in one seo, untuk memudahkan dalam penempatan keyword.

Ketiga, Gunakan LSI Keyword.

LSI keyword merupakan keyword yang saling terkait, sebuah istilah dalam SEO untuk satu keyword yang relevan dengan berbagai keyword lainnya.

Maksudnya disini adalah cobalah untuk memuat beberapa keyword yang relevan dalam satu postingan sekaligus agar blog atau konten kita mudah di cari oleh search engine. 

Keempat, Buatlah Konten yang Panjang.

Usahakan dalam setiap postingan yang akan kita buat memiliki banyak kata. Setidaknya paling minim adalah 500 - 600 kata dalam setiap postingan. Adapun menurut pakar web, jumlah kata yang bagus untuk SEO pada sebuah postingan adalah sebanyak 1.600 - 2.000 kata.

Kelima, Gunakan Heading Tag.

Gunakanlah heading tag pada setiap sub judul dalam setiap postingan untuk meningkatkan nilai SEO. Kita bisa memulainya dengan H2, H3 dan seterusnya. Untuk caranya Kita tinggal klik "pharagraph atau icon F" pada sub judul atau masuk mode HTML - tambahkan <h2> ....</h2>

Keenam, Optimalkan Title Tag untuk Click-Through Rate. 

Buatlah judul konten yang kita buat secara optimal untuk mesin pencarian dengan menyesuaikan kata-katanya seperti kata-kata kunci yang banyak dicari oleh pengunjung terkait topik yang sedang kita buat.

Ketujuah, Gunakan External Link.

Secara sederhana eksternal link adalah tautan yang kita tanamkan pada postingan atau pada konten yang kita buat yang menuju pada blog atau website lain selain halaman tautan di blog kita. Gunakanlah tautan dengan DA (Domain Authority) yang berkualitas agar dapat menunjang point DA website kita kedepannya.

Kedelapan, Gunakan Internal Link. 

Jika eksternal link adalah tautan keluar, maka internal link adalah tautan dari dalam itu sendiri. Maksudnya adalah link kita sendiri (URL postingan yang relevan dengan postingan yang sedang kita buat). Gunakanlah 2 - 3 internal link pada satu postingan sebagai suatu usaha untuk meningkatkan DA konten kita.

Kesembilan, Maksimalkan Kecepatan Loading Blog. 

Optimasi kecepatan website atau blog sangatlah penting. Kita bisa cek loading website kita melalui GT Matrix atau menggunakan pagespeed milik google, dan sebagainya. Dari sana kita dapat mengetahui berapa skor loading website kita, dan bagian mana saja yang perlu untuk dibenahi atau dikompress lebih kecil.

Terakhir, Pakai Aneka Konten Multimedia. 

Gunakanlah minimal satu gambar atau jenis grafis lainnya seperti video sebagai pendukung konten kita agar memiliki SEO dan dapat mengoptimalkan suatu postingan kita di mesin pencarian. Selain itu, pengunjung juga pastinya akan lebih betah membaca tulisan kita sampai habis karena aspek-aspek visual yang menarik mata bagi pengunjung.

"Mengenai On Page SEO ini, intinya kita perlu menguasai hal-hal yang berkaitan dengan SEO secara mendalam dan melakukan trial and error agar kita dapat menentukan apakah suatu cara dapat dinyatakan efektif atau tidak."

Selamat mencoba.. Semoga bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Belajar 10 Cara Optimasi SEO on Page"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel